Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

SELAMAT di JALAN RAYA, Senang Menyertakan Nilai - nilai Seni dan Budaya Dalam Semua Aspek Kehidupan

| Editor: Margo Utomo | 06 May 2024 | Last Updated 2024-05-07T20:22:21Z

Traffic Light Di Sepanjang Jalan Raya RA. Basoeni Sooko - Mojokerto Dengan Keindahan Warna Warni Lampunya. 


NEW JURNALIS - Menurut  Sulasmi Darma Prawira, (1989 : 4 ) Warna termasuk salah satu unsur keindahan dalam seni dan desain. Selain unsur unsur visual yang lainnya. Dalam artikel ini apa kaitannya antara keselamatan dengan Nilai - nilai seni dan budaya?


Menurut teori Munsell warna merupakan elemen penting di dalam segala aspek kehidupan manusia. Kita semua tahu bahwa dari kumpulan semua warna maka akan tercipta sebuah karya yang tentunya karya tsb akan memiliki makna tersendiri. 


Dengan begitu bisa di katakan bahwa warna sangatlah penting. Sebuah karya bisa berubah makna bilamana dalam pemilihan warna terdapat kesalahan. Dari inilah yang di maksud bahwa keselamatan bisa di dapatkan bila mana didalam segala aspek kehidupan kita selalu senang dan menyertakan nilai nilai seni dan budaya tsb. 


Banyak sekali peristiwa atau kecelakaan yang terjadi di jalan raya karena ada sebagian dari kita banyak yang menyepelekan bahkan memandang rendah tentang kaidah nilai nilai keindahan dalam seni dan budaya. Bisa kita ambil contoh betapa indahnya warna warni lampu traffic light.


Lampu lampu ini indah menyala terpasang dan terlihat di sepanjang perempatan perempatan besar jalan raya diantaranya ada warna merah, hijau dan kuning. Traffic light sendiri merupakan lampu yang di gunakan untuk mengatur serta memperlancar jalannya lalu lintas denga cara memberikan kesempatan pengguna jalan masing masing arah untuk berjalan secara bergantian. 


Kecelakaan bisa saja terjadi di sekitar area traffic light tersebut karena seseorang lalai dan tidak mematuhi rambu rambu tersebut. Bisa saja hal ini terjadi karena manusia tidak menyertakan makna nilai nilai seni dan budaya di dalam segala aspek kehidupannya terutama pada saat berada di jalan raya. 


Padahal pada saat kita berhenti mematuhi rambu lalu lintas dengan berhenti di traffic light karena melihat lampu merah yang menyala kita dapat merasakan dan memaknai betapa indahnya unsur unsur warna dari lampu lampu tsb dengan secara beriringan bergantian menyala. 


Keindahan itulah yang bisa saja kita artikan bahwa nilai nilai seni dan budaya bila di ikut sertakan ke dalam semua aspek kehidupan ini dapat membuat kita terselamatkan karena kita bisa mengikuti aturan serta ritme yang ada dalam petunjuk warna lampu traffic light tsb. (Denny Aryanto)  


No comments: