Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Kalsel Darurat Kecubung, Sudah Dua Orang Meninggal Dunia

| Editor: Margo Utomo | 10 July 2024 | Last Updated 2024-07-10T13:55:45Z

NEWJURNALIS || GAMBUT (KALSEL), Puluhan warga dikabarkan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum yang terletak di Jalan Gubernur Syarkawi, Gambut, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Senin (08/7/2024) malam.

Dari informasi yang kami dapatkan puluhan warga yang di rujuk ke RSJ Sambang Lihum tersebut, diduga akibat mengkonsumsi buah Kecubung, di antaranya berasal dari Banjarmasin, Barito Kuala dan Hulu Sungai Selatan.

Dari sejumlah warga yang dirujuk ke RSJ Sambang Lihum dalam beberapa pekan terakhir, dua di antaranya dinyatakan meninggal dunia.
Psikiater Konsultan Adiksi RSJ Sambang Lihum, dr Firdaus Yamani mengatakan, Sampai sekarang mereka belum bisa diajak komunikasi, karena masih meracau

“Berdasarkan diagnosis dokter, para pasien tersebut menelan pil Zenith Carnophen dan alkohol yang dioplos dengan buah kecubung,” ucap Firdaus.

Dikatakannya, mereka diberikan suntikan penenang, karena sebagian mengalami sulit tidur, adapun dua pasien yang meninggal dunia karena saturasi oksigen yang terus menurun.

“Pasien yang dirawat di RSJ Sambang Lihum akibat efek kecubung, mereka terdiri dari Dua Puluh Lima laki-laki serta Tiga orang perempuan, ada yang usia Dua Puluh hingga Lima Puluh Tiga tahun,” tambahnya.

Dia mengatakan, efek halusinasi mabuk kecubung akan berlangsung selama dua sampai tiga hari, namun untuk menghilangkan zat adiksi dari kecubung, diperlukan waktu paling tidak dua pekan.

“Saat ini fasien masih dalam tahap evaluasi dan perawatan, sampai dinyatakan benar-benar sadar,” pungkas Firdaus.(*/)

Sumber: Damkarnews

No comments: