Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

TNI Wujudkan Wuloni Terang, Rakyat Senang

| Editor: Margo Utomo | 15 July 2024 | Last Updated 2024-07-15T16:19:30Z

NEWJURNALIS || Illaga Puncak (Papua Tengah), Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 323/Buaya Putih Kostrad, salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) di Papua, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) Mobil RI-PNG, di wilayah Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Pada hari Senin, 15 Juli 2024, Satgas Yonif 323 Kostrad, khususnya Pos Wuloni pimpinan Kapten Inf Honest, menggelar kegiatan Teritorial bertajuk “Papua Terang”. Program ini diwujudkan dalam bentuk pemasangan lampu penerangan di area tempat tinggal warga maupun jalan umum di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga.

Dalam penekanannya kepada para Prajurit TNI, Komandan Satgas Yonif 323 Kostrad, Letkol Inf Tri Wiratno, menyampaikan pentingnya perhatian Satgas kepada kebutuhan dasar masyarakat di sekitar Pos. Oleh sebab itu, Pos Wuloni telah mengamati perkembangan wilayahnya sejak tugas dimulai. Faktor penerangan area umum, khususnya jalan dan halaman tempat tinggal warga, merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat Wuloni guna memperlancar aktivitas di malam hari. Berangkat dari perhatian tersebut, maka hari Senin pagi itu, Kapten Inf Honest memimpin para Prajurit TNI melaksanakan pemasangan sarana penerangan publik. Beberapa hari sebelumnya, Kapten Inf Honest telah berdiskusi dengan Pimpinan Kampung dan Tokoh Masyarakat Wuloni terkait lokasi dan kebutuhan pemasangan penerangan.
Ketika pemasangan penerangan, dengan tetap mengutamakan aspek pengamanan, para Prajurit TNI mendapatkan bantuan dan dukungan dari para warga. Melalui partisipasi warga tersebut, proses pemasangan penerangan dapat berjalan dengan lancar dan lebih cepat dari prediksi perencanaan. Akhirnya, hari Senin siang, proses pemasangan dan ujicoba penerangan publik dilakukan serta menghasilkan fasilitas penerangan yang memadai bagi para warga Wuloni. Menyambut penerangan publik yang telah dinanti sekian lamanya, Kepala Suku Wuloni yakni Bapak Yatinus Wonda (49 tahun), mengucapkan terima kasih para warga dengan berkata "Puji Tuhan, Terima kasih Satgas TNI 323, ini sangat luar biasa. Kami sangat senang sekarang Honai dan Jalan sudah tidak gelap lagi. Tuhan membalas kebaikan Bapak-Bapak TNI, Kaonak, Amolongo, Wa, Wa, Wa“.

“Inisiatif Satgas Yonif 323 Kostrad menggelar Papua Terang di Kampung Wuloni, merupakan upaya TNI memberikan pelayanan kebutuhan dasar, khususnya fasilitas penerangan publik, guna mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua”, ungkap Panglima KOOPS TNI, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan.(**/)
 
Sumber: Dansatgas Media KOOPS TNI

No comments: