Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Guru, Karyawan Serta Siswa - Siswi SMK Raden Patah Mojosari BANGGA BERBATIK.

| Editor: Margo Utomo | 02 October 2024 | Last Updated 2024-10-02T08:47:05Z

Kepala Sekolah, Guru, Karyawan SMK Raden Patah Mojosari Memperingati Hari Batik Nasional Tanggal 2 - Oktober - 2024.

NEW JURNALIS - Tepat pada tanggal 2 - Oktober - 2025 Pemerintah menetapkan sebagai Hari Batik Nasional Sebagaimana hal ini sudah tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009. 


Nampak terlihat pada selasa pagi hari ini Guru Karyawan serta Siswa - siswi SMK Raden Patah Mojosari berseragam mengenakan baju batik dengan penampilan yang rapi indah mempesona dengan berbagai macam motif corak batik yang begitu kayanya. 


Dikutip dari situs resmi Kementrian dan Kebudayaan atau Kemendikbud kata batik juga berasal dari gabungan dua kata yaitu AMBA yang bermakna MENULIS serta TITIK yang berarti TITIK.


Dalam perkembanganya, Kerajaan Majapahit pada masa  penyebaran ajaran Islam di pulau jawa batik sudah banyak di lakukan pada zaman Kesultanan Mataram hingga berlanjut Kasunan Surakarta serta Kesultanan Yogyakarta.


"Hari ini adalah momentum untuk tetap memperkuat eksistensi bahwa batik adalah sebagai identitas bangsa dan kami semua Bangga Berbatik," Tegas Drs Slamet SE Kepala Sekolah SMK Raden Patah Mojosari. 


Guru Serta Siswa - siswi SMK Raden Patah Mojosari Berseragam Kompak dan Bangga Mengenakan Baju Batik. 

Batik merupakan karya seni dua dimensi yang dalam proses pembuatannya menggambar di atas kain dengan lilin serta canting sebagai alatnya.Banyak di berbagai literasi yang bisa kita dapatkan tentang pengertian batik dari para ahlinya, Diantaranya dari Bp Nusjirwan Tirta Atmidjaja, Bp Santoso Doellah, Bp Iwan Tirta juga Bp Alif Syakur. 


Pada tanggal 2 - Oktober - 2009 batik Indonesia telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity) Karena batik mempunyai filosofi yang syarat dengan makna.

 

No comments: